Powered by Blogger.

Text Widget

Sample Text

About

RSS
Batman Begins - Diagonal Resize 2

Pages

Post Icon

Materi KKPI SMK Kelas X

Materi KKPI
Materi KKPI SMK  Kelas X
Materi KKPI Kelas X :
Semester I
1.    Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Text dan GUI
2.    Mengoperasikan software aplikasi pengolah kata ( Microsoft word 2007 )
Semester II
1.     Mengoperasikan software pengolah angka ( Microsoft exel 2007 )
Materi KKPI Kelas X :
Semester I
1.    Mengoperasikan system operasi berbasis text dan GUI
PENGANTAR KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
Pendahuluan
Deskripsi singkat
komputer sudah merupakan kebutuhan pokok dalam membantu pekerjaan manusia dalam bidang sistem informasi. Sehingga komputer selalu disalah artikan sebagai sistem informasi.pada pokok bahasan ini akan membahas komputer dan perkembangannya beserta klasifikasinya, sehingga tidak disalah artikan lagi sebagai sitem informasi.
Dalam pokok bahasan ini mencoba membantu mahasiswa dalam memahami komputer dan perkembangannya yang terdiri dari,
1.definisi komputer
2.Sistem komputer
3.klasifikasi komputer

DEFINISI KOMPUTER
 Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer berasal dari bahasa latin  computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamacher [ 1 ],
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Blissmer [2]
Mengatakan bahwa ,komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut Fuori [3]
Berpendapat bahwa komputer adalah suatu memproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika,tanpa campur tangan dari manusia.
SISTEM KOMPUTER
Perangkat keras komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer ( computer system ) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduannya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia ( brainware ) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1.Hardware ( perangkat keras ), merupakan rangkaian elektronika
2.software ( perangkat lunak ), merupakan program yang di jalankan pada komputer
3.Brainware ( SDM ), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment